KURSUS BAHASA
INGGRIS
“HAPE KADE ENGLISH
AND CHEMISTRY COURSE”
Hanafi Pelu
(181061001001)
A. LATAR BELAKANG
Pemenuhan kebutuhan pendidikan di Indonesia, baik
formal maupun non – formal sangat dibutuhkan karena hal ini dapat memberikan
dampak yang besar terhadap penduduk dalam rangka peningkatan kualitas SDM
(Sumber Daya Manusia). Pendidikan sangat berperan penting untuk mengurangi
kebodohan, meningkatkan potensi-potensi siswa didik, serta membentuk perilaku
yang baik di masyarakat.
Ada dua jenis
pendidikan yang dikenal di Indonesia, yaitu pendidikan formal (TK/RA, SD/MI,
SMP/MTS, SMA/MA, Perguruan Tinggi/Universitas) dan pendidikan non formal
(seperti kursus komputer, les Bahasa Inggris, maupun kegiatan beladiri).
Pendidikan formal sudah jelas tujuannya untuk mendapatkan gelar kelulusan.
Tetapi, Masyarakat cenderung mencari pendidikan alternatif selain pendidikan
reguler seperti sekolah dan lembaga pendidikan formal lainnya. Sekolah dan
pendidikan formal dianggap tidak cukup memberikan bekal pendidikan bagi masa
depan.
Dalam penjelasan pasal 26 ayat 5 Undang-undang Nomor
20 Tahun 2003, dijelaskan bahwa kursus dan pelatihan adalah bentuk pendidikan
berkelanjutan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dengan penekanan pada
penguasaan keterampilan,standar kompetensi, pengembangan sikap kewirausahaan
serta pengembangan kepribadian profesional.
Untuk itu lembaga
kursus menjadi salah satu alternatif yang dipilih masyarakat untuk lebih
menggali potensi yang dimiliki siswa didik, memperkaya ilmu dan memberikan
pelajaran yang tidak sepenuhnya didapat anak didik dari sekolah.
Usaha les privat
ini menjadi peluang bisinis yang sangat dibutuhkan orang tua untuk anak-anaknya.
Karena usaha ini menjamin pelaksanaannya, usaha ini tidak pernah mati atau
hanya ikut tren saja. Sebab dimana masih ada anak sekolah pasti ada kebutuhan
belajar terutama belajar di luar jam sekolah (seperti Lembaga Bimbingan
Belajar, Les Privat / Kursus, dll). Tidak heran juga apabila orang tua si anak
yang rela mengeluarkan biaya hanya untuk mencarikan les tambahan bagi anaknya.
Disinilah peluang bisnis yang harus di rebut.
Les privat
merupakan salah satu jenis usaha di industri pendidikan, dimana industri ini
semakin berkembang sepanjang masa. Meskipun peran les privat saat ini kurang
sedikit meyakinkan daripada layanan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) namun kami
yakin bahwa dari segi pengelolaan, segi lokasi, dan kurangnya perhatian kepada
siswa dalam penggunaan jasa les privat lebih menguntungkan daripada LBB.
Keberadaan les
privat sangat mendukung prestasi belajar siswa di sekolah yang pada akhirnya
memberikan bekal atau kemampuan lebih kepada mereka di masa mendatang. Banyak
orangtua merasa perlu memberikan les pelajaran sekolah tambahan bagi
anak-anaknya. Tujuannya adalah untuk membantu anak-anak mereka mengatasi
kesulitan dalam belajar. Agar anak-anak bisa mempersiapkan diri lebih baik
dalam menghadapi ulangan-ulangan atau ujian akhir tahun ajaran. Atau sekedar
membantu anak-anak dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tentu saja, semua ini
ditujukan agar anak-anak mereka bisa berprestasi baik di sekolah. Bahkan bila
perlu, mendapat ranking terbaik.
Orang tua
kebanyakan, lebih suka mengundang pengajar datang dan memberikan les privat di
rumah. Mereka biasanya merasa lebih nyaman jika anak-anak mereka belajar di
rumah karena dapat diawasi langsung. Selain itu, mereka bisa memilih pengajar
yang sekiranya dianggap cocok dengan anaknya. Pengajar les privat yang biasanya
disukai adalah orang muda, seumuran mahasiswa, yang dianggap masih paham dengan
materi pelajaran sekolah.
Kebutuhan akan les
privat ini merupakan peluang usaha bagi para mahasiswa, terutama bagi mereka
yang punya kemampuan mengajar yang baik dan terutama bagi mahasiswa fakultas
keguraan dapat membantu untuk megembangakan kemamampuan mengajar mereka, dan
bagi mahasiswa yang menggalami kurangnya uang kriman dari orang tua, hal ini
sangat membantuh mahasiswa dalam keuangan, Usaha ini nyaris tidak membutuhkan
modal finansial, mudah dijalankan, namun memberikan hasil yang memuaskan.
Bahasa Inggris adalah bahasa global yang digunakan
oleh masyarakat internasional dalam segala aspek. Penguasaan Bahasa Inggris
sebagai bahasa internasional dirasa sangat penting sebagai bekal ke depan
dimana dunia internasional sudah di depan mata. Pendidikan adalah salah satu
usaha yang berperan penting dalam penguasaan bahasa yang baik dan benar.
Apalagi dalam iklim global yang semakin kompetitif ini, siswa dituntut untk mau
bersaing dengan siswa lain secara sportif. Maka tidaklah heran kalau materi
Bahasa Inggris dimasukkan dalam mata pelajaran wajib dan menjadi salah satu
materi ujian nasional, baik untuk SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Hal ini
dikarenakan Bahasa Inggris dirasa sangat penting penggunaannya dan membutuhkan
bimbingan yang baik untuk membantu siswa dalam penguasaan Bahasa Inggris yang
notabene merupakan bahasa kedua dan tidak digunakan secara luas di Indonesia.
Ilmu kimia bersama-sama
ilmu-ilmu yang lain telah memberikan banyak manfaat kepada manusia, baik dalam
bidang kesehatan, teknik, pertanian, pangan dan kosmetika. Ilmu kimia telah
berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi. Kemajuan dalam bidang
instrumentasi kimia sangat membantu ahli kimia dalam melakukan identifikasi
senyawa dan melakukan pengukuran kadar senyawa. Kemajuan dalam bidang teknik
dan fisika sangat membantu terlaksananya proses-proses kimia yang memerlukan
kondisi yang sangat khusus untuk berlangsungnya reaksi kimia.
Ilmu kimia mencakup
ilmu pengetahuan yang sangat luas, diantaranya pengetahuan tentang unsur
penyusun suatu materi, sturktur atom, susunan atom dalam suatu senyawa, jenis
ikatan antar atom dalam suatu materi, sifat-sifat suatu senyawa, mekanisme yang
terjadi bila suatu senyawa diubah menjadi senyawa lain, reaksi antara suatu
senyawa dengan senyawa lain, katalis dan kecepatan reaksi, radiokimia dan topik
lainnya.
Kimia modern ada yang
berkembang pada pemenuhan akan barang yang memiliki karakteristik tertentu.
Untuk itu telah ditemukan banyak cara untuk memproduksi barang baru. Sebagai
contoh minyak mentah diubah menjadi berbagai produk seperti nylon, aspirin,
cat, perekat; pasir menjadi gelas; gas nitrogen (di udara) menjadi pupuk urea;
minyak cengkeh menjadi vanilin. Polycarbonate, plastik transparan yang sangat
tahan terhadap sinar matahari merupakan produk derivat asam karbonat yang
disubstitusikan pada asam adipat atau asam phthalat. Teflon), plastik yang
sangat tahan terhadap reaksi kimia dan panas merupakan polimer tetrafluoroethylene.
Tetrafluoroethylene dalam sehari-hari dikenal dengan nama freon. Di samping
produk-produk yang bermanfaat, kimia juga menimbulkan berbagai masalah
lingkungan, seperti munculnya pencemaran udara, air dan tanah. Dalam bidang
pangan juga terjadi pemakaian bahan kimia yang sebenarnya dilarang, seperti
pemakaian warna tekstil untuk makanan, pemakaian monosodium glutamat secara
berlebihan, pemakaian formalin untuk mengawetkan ikan/makanan.
Berbagai aktivitas dan kesibukan orang tua, membuatnya
tidak lagi bisa secara penuh mendampingi putra-putrinya belajar. Sementara para
siswa menjadi kurang berkonsentrasi dalam belajar di sekolah sehingga mereka
memerlukan pendampingan agar kesulitan-kesulitan mereka dalam belajar dapat
diatasi.
“Hape KaDe English and Chemistry Course”
sebagai lembaga bimbingan belajar yang bergerak di bidang kursus Bahasa Inggris
menawarkan program pendamping belajar bagi putra-putri anda terutama dalam
rangka mempersiapkan ulangan, Ujian Tengah Semester, Ujian Semester, dan Ujian
Nasional.
B. TUJUAN
1. Membantu
siswa dalam penguasaan Bahasa Inggris dan Mata Pelajaran Kimia yang baik dan
benar.
2. Membantu
dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang di hadapi siswa di sekolah.
3. Memberikan
sistem pengajaran yang mudah dalam penyampaian materi sehingga mempermudah
penguasaan materi.
C. MANFAAT
1. Mempermudah
penguasaan materi dengan sistem pengajaran yang lebih mudah, cooperative dan
menyenangkan.
2. Mempermudah
siswa dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang dihadapi di sekolah.
D. RINCIAN USAHA
“HaPe
KaDe English and Chemistry Course” menawarkan
2 paket kursus Bahasa Inggris dengan rincian sebagai berikut:
1. Paket
Intensif
1 Bulan Paket
untuk mempersiapkan Ujian Tengah Semester, Ujian Semester atau Ujian Nasional.
Paket ini terdiri dari 8 Xpertemuan (1 Minggu 2X pertemuan bebas memilih hari),
1 x pertemuan 2 jam.
2. Paket
Intensif 2 Bulan
Paket untuk
mempersiapkan Ulangan, Ujian Tengah Semester, Ujian Semester, atau Ujian
Nasional . Paket ini terdiri dari 16 x pertemuan (1 Minggu 2X pertemuan, bebas
memilih hari), 1X petemuan 2 jam.
D. Visi dan Misi
1. Visi
Menciptakan
insan generasi penerus yang beraklaq, cerdas dan mampu bersaing.
2. Misi
a.
Menciptakan pembelajaran yang insani dengan
menunjung nilai-nilai agama dan pendidikan,
b.
Meningkatkan Sumber Daya yang cerdas
berlandaskan nilai-nilai agama,
c.
Merubah pola fikir yang berjiwa saing menuju Indonesia
Global.
E.
Profil Badan Usaha
1. Bentuk Usaha
Bentuk
usaha yang akan dilaksanakan adalah; kursus Bahasa Inggris dan Kimia esuai dengan
peminatan dan kebutuhan jenis kelas dan paket pembelajaran yang berbeda yang dari
tingkatan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan umum, serta menyiadakan layanan
tambahan.
2. Lembaga Kursus
Lembaga kursus
ini dengan nama HaPe KaDe English and Chemistry Course yang diambil dari nama
familyhood.
3. Alamat Lembaga Kursus
Tempat lembaga
kursus ini berada disekitaran Kota Ambon dengan Alamat Dusun Kate-kate RW
003/RT 02 Desa Hunuth/Durian Pata Kota Ambon, Provinsi Maluku.
G. STRUKTUR ORGANISASI
“HaPe KaDe English and Chemistry Course” memiliki struktur
organisasi dan tenaga educator yang berpengalaman, memiliki integritas dan
profesionalitas sesuai dengan kompetensi.
Struktur Organisasi
![](file:///C:/Users/ASUS/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.png)
Berdasarkan kerangka struktur Organisasi tersebut di atas, maka
deskripsi pekerjaannya/job discription sebagai berikut:
1.
CEO (Chief Executive Officer)
a.
Memiliki tanggung jawab terhadap lembaga
kursus
b.
Melakukan dan menetapkan keputas dan kebijakan pada
lemabaga kursus
c.
Mengkoordinir, mengontrol dan mengevaluasi
pengelolaan dan tenaga educators
2.
Sekretaris
a. Mengordinasikan seluruh penyelenggaraan administrasi
dan tata kerja organisasi dan mempertanggung jawabkan kepada pimpinan.
b. Bersama
pimpinan membuat surat keputusan dan rencana kerja organisasi.
c. Mengawasi
seluruh penyelenggaraan aktifitas organisasi di bidang administrasi tata kerja
dan menghadiri rapat yang berhubungan kelembagaan.
3.
Bendahara
a. Menerima,
menyimpan, mengelola, membayarkan dan mempertanggung jawabkan anggaran yang
berbungan dengan keperluan belanja organisasi,
b. Mengadministrasikan
dengan baik aliran kas lembaga.
c. Membuat
pertanggungjawaban berupa Laporan pertanggungjawaban (LPJ).
4.
Design/layout
a.
Merancang performance yang menarik agar cosmuter
tertarik untuk bergabung,
b.
Mengembangkan prototype desain yang sesuai dengan tujuan lembaga
dan kebutuhan costumer,
c.
Menghasilkan ide-ide dan konsep-konsep baru dan
mengembangkan desain interaktif.
5.
Koordinatoriat
a. Memberikan usul, masukan dan pertimbangan kepada
pimpinan dalam pengambilan keputusan yang berkenaan dengan kebijakan lembaga;
b. Melakukan koordinasi dan sinkronisasi lembaga dengan
pihak-pihak terkait;
c. Membantu pimpinan dalam melaksanakan pembinaan dan bimbingan
terhadap tugas- tugas dalam lembaga.
6.
Educators
a.
Melakukan bimbingan kepada
participants sesuai dengan keahlian yang dimiliki
b.
Bertanggung jawab penuh atas
kemampuan participants
c.
Mengadakan evaluasi pembelajaran terhadap
participants
d.
Menggunakan modul dan bahan ajar praktis dalam
kegiatan belajar mengajar
e.
Mempunyai Sertifikasi profesi
yang diakui secara nasional dan global
f.
Berpengalaman dalam proses
pembelajaran
g.
Akademisi dari lembaga
Perguruan Tinggi atau lembaga pendidikan
H. TUJUAN PROGRAM
Tujuan program dari lembaga
yang telah kami buat ini, agar memenuhi kebutuhan dan keperluan costumers
sehingga dapat bekerjasama untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan
memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1.
Participants mampu menguasai kosa kata yang
banyak sejak dini dan memahami tata bahasa yang benar maka para siswa dapat
dengan mudah menguasai keterampilan komunikasi bahasa Inggris dengan mudah.
2.
Participants megenal bahasa Inggris sejak dini
maka siswa akan mengenal dan mengetahui bahasa tersebut lebih awal. Sehingga,
mereka akan mempunyai pengetahuan dasar yang lebih baik sebelum melanjutkan ke
tingkat pendidikan yang lebih tinggi.
3.
Participants mampu menghitung dengan cepat sesuai
dengan tuntutan perkembangan,
4.
Parcipants mampu memahami dan mengetahui rumus-rumus
dengan cepat sesuai dengan kemampuan dan kompetensinya.
G. RINCIAN BIAYA
“HaPe KaDe English and Chemistry Course” menawarkan biaya bimbingan yang
cukup terjangkau dan jauh lebih murah dibandingkan lembaga bimbingan belajar
yang lain. Walaupun begitu kualitas kami berani bersaing dengan lembaga
bimbingan belajar lain.
Adapun
rincian biaya yang kami tawarkan adalah sebagai berikut:
No
|
Satuan Pendidikan
|
Paket Intensif 1
Bulan (8X TM)
|
Paket Intensif 2
Bulan (16X TM)
|
1.
|
SD/MI
|
Rp 100.000,00
|
Rp 150.000,00
|
2.
|
SMP/MTs
|
Rp 150.000,00
|
Rp 200.000,00
|
3.
|
SMA/MA
|
Rp 200.000,00
|
Rp 250.000,00
|
4.
|
UMUM
|
Rp. 300.000,00
|
Rp. 350.000,00
|
H. PENUTUP
Tujuan pendirian lembaga kursus
yang kami rencanakan ini untuk menyiapkan para generasi muda yang handal untuk
berkompetisi dalam bidang sains serta mampu berkomunikasi bahasa Inggris.
Program ini juga adalah
sekaligus membantu pemerintah dalam mengurai undang-undang sistem pendidikan
terutama dalam hal program pendidikan luar sekolah. Selain itu, segala harapan dan
dukungan semua stakeholder agar bekerjasama dan tanggung jawab dapat membantu
lembaga kami dalam mewujudkan pengembangan SDM dan niatan tulus ini dalam
mencerdaskan anak bangsa.
Kami ucapakan terimakasih kepada
semua pihak yang telah bekrjasama dan telah bersedia untuk membantu kami
dalam melaksanakan dan mendidirikan lembaga ini. Semoga Allah SWT membalas
semua kebaikan dan usaha kita semua, Amin Ya Rabbal Alamin.
Daftar Pustaka
Andreu,M. 2013. “Employer strategies,
capabilities and career development: two case studies of Spanish service firms”, International Journal of
Manpower, Vol. 34 Issue: 4, pp.345-361
Davis, P. 2015. “Implementing an employee
career-development strategy: How to build commitment and retain employees”, Human Resource
Management International Digest , Vol. 23 Issue: 4
Guan, et al. 2017. “Self-Referent and
Other-Referent Career Successes, Career Satisfaction, and Turnover Intention Among Chinese
Employees”, Journal of Career Development Vol. 44(5) 379-393
Handoko, Hani. 2010. Manajemen Personalia
dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE UGM
Undang-undang Nomor 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 26 ayat 5 tentang
Pendidikan dan Pelatihan.
Peraturan Pemerintah
No. 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan lembaga kursus dan pelatihan seperti yang tertuang dalam pasal 103
ayat (2).
No comments:
Post a Comment