Tuesday, November 6, 2018

RENCANA USAHA

KURSUS BAHASA INGGRIS
“HAPE KADE ENGLISH AND CHEMISTRY COURSE”
Hanafi Pelu (181061001001)

A. LATAR BELAKANG
Pemenuhan kebutuhan pendidikan di Indonesia, baik formal maupun non – formal sangat dibutuhkan karena hal ini dapat memberikan dampak yang besar terhadap penduduk dalam rangka peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia). Pendidikan sangat berperan penting untuk mengurangi kebodohan, meningkatkan potensi-potensi siswa didik, serta membentuk perilaku yang baik di masyarakat.
Ada dua jenis pendidikan yang dikenal di Indonesia, yaitu pendidikan formal (TK/RA, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, Perguruan Tinggi/Universitas) dan pendidikan non formal (seperti kursus komputer, les Bahasa Inggris, maupun kegiatan beladiri). Pendidikan formal sudah jelas tujuannya untuk mendapatkan gelar kelulusan. Tetapi, Masyarakat cenderung mencari pendidikan alternatif selain pendidikan reguler seperti sekolah dan lembaga pendidikan formal lainnya. Sekolah dan pendidikan formal dianggap tidak cukup memberikan bekal pendidikan bagi masa depan.
Dalam penjelasan pasal 26 ayat 5 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, dijelaskan bahwa kursus dan pelatihan adalah bentuk pendidikan berkelanjutan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dengan penekanan pada penguasaan keterampilan,standar kompetensi, pengembangan sikap kewirausahaan serta pengembangan kepribadian profesional.
Untuk itu lembaga kursus menjadi salah satu alternatif yang dipilih masyarakat untuk lebih menggali potensi yang dimiliki siswa didik, memperkaya ilmu dan memberikan pelajaran yang tidak sepenuhnya didapat anak didik dari sekolah.
Usaha les privat ini menjadi peluang bisinis yang sangat dibutuhkan orang tua untuk anak-anaknya. Karena usaha ini menjamin pelaksanaannya, usaha ini tidak pernah mati atau hanya ikut tren saja. Sebab dimana masih ada anak sekolah pasti ada kebutuhan belajar terutama belajar di luar jam sekolah (seperti Lembaga Bimbingan Belajar, Les Privat / Kursus, dll). Tidak heran juga apabila orang tua si anak yang rela mengeluarkan biaya hanya untuk mencarikan les tambahan bagi anaknya. Disinilah peluang bisnis yang harus di  rebut.
Les privat merupakan salah satu jenis usaha di industri pendidikan, dimana industri ini semakin berkembang sepanjang masa. Meskipun peran les privat saat ini kurang sedikit meyakinkan daripada layanan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) namun kami yakin bahwa dari segi pengelolaan, segi lokasi, dan kurangnya perhatian kepada siswa dalam penggunaan jasa les privat lebih menguntungkan daripada LBB.
Keberadaan les privat sangat mendukung prestasi belajar siswa di sekolah yang pada akhirnya memberikan bekal atau kemampuan lebih kepada mereka di masa mendatang. Banyak orangtua merasa perlu memberikan les pelajaran sekolah tambahan bagi anak-anaknya. Tujuannya adalah untuk membantu anak-anak mereka mengatasi kesulitan dalam belajar. Agar anak-anak bisa mempersiapkan diri lebih baik dalam menghadapi ulangan-ulangan atau ujian akhir tahun ajaran. Atau sekedar membantu anak-anak dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tentu saja, semua ini ditujukan agar anak-anak mereka bisa berprestasi baik di sekolah. Bahkan bila perlu, mendapat ranking terbaik.
Orang tua kebanyakan, lebih suka mengundang pengajar datang dan memberikan les privat di rumah. Mereka biasanya merasa lebih nyaman jika anak-anak mereka belajar di rumah karena dapat diawasi langsung. Selain itu, mereka bisa memilih pengajar yang sekiranya dianggap cocok dengan anaknya. Pengajar les privat yang biasanya disukai adalah orang muda, seumuran mahasiswa, yang dianggap masih paham dengan materi pelajaran sekolah.
Kebutuhan akan les privat ini merupakan peluang usaha bagi para mahasiswa, terutama bagi mereka yang punya kemampuan mengajar yang baik dan terutama bagi mahasiswa fakultas keguraan dapat membantu untuk megembangakan kemamampuan mengajar mereka, dan bagi mahasiswa yang menggalami kurangnya uang kriman dari orang tua, hal ini sangat membantuh mahasiswa dalam keuangan, Usaha ini nyaris tidak membutuhkan modal finansial, mudah dijalankan, namun memberikan hasil yang memuaskan.
Bahasa Inggris adalah bahasa global yang digunakan oleh masyarakat internasional dalam segala aspek. Penguasaan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dirasa sangat penting sebagai bekal ke depan dimana dunia internasional sudah di depan mata. Pendidikan adalah salah satu usaha yang berperan penting dalam penguasaan bahasa yang baik dan benar. Apalagi dalam iklim global yang semakin kompetitif ini, siswa dituntut untk mau bersaing dengan siswa lain secara sportif. Maka tidaklah heran kalau materi Bahasa Inggris dimasukkan dalam mata pelajaran wajib dan menjadi salah satu materi ujian nasional, baik untuk SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Hal ini dikarenakan Bahasa Inggris dirasa sangat penting penggunaannya dan membutuhkan bimbingan yang baik untuk membantu siswa dalam penguasaan Bahasa Inggris yang notabene merupakan bahasa kedua dan tidak digunakan secara luas di Indonesia.
Ilmu kimia bersama-sama ilmu-ilmu yang lain telah memberikan banyak manfaat kepada manusia, baik dalam bidang kesehatan, teknik, pertanian, pangan dan kosmetika. Ilmu kimia telah berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi. Kemajuan dalam bidang instrumentasi kimia sangat membantu ahli kimia dalam melakukan identifikasi senyawa dan melakukan pengukuran kadar senyawa. Kemajuan dalam bidang teknik dan fisika sangat membantu terlaksananya proses-proses kimia yang memerlukan kondisi yang sangat khusus untuk berlangsungnya reaksi kimia.
Ilmu kimia mencakup ilmu pengetahuan yang sangat luas, diantaranya pengetahuan tentang unsur penyusun suatu materi, sturktur atom, susunan atom dalam suatu senyawa, jenis ikatan antar atom dalam suatu materi, sifat-sifat suatu senyawa, mekanisme yang terjadi bila suatu senyawa diubah menjadi senyawa lain, reaksi antara suatu senyawa dengan senyawa lain, katalis dan kecepatan reaksi, radiokimia dan topik lainnya.
Kimia modern ada yang berkembang pada pemenuhan akan barang yang memiliki karakteristik tertentu. Untuk itu telah ditemukan banyak cara untuk memproduksi barang baru. Sebagai contoh minyak mentah diubah menjadi berbagai produk seperti nylon, aspirin, cat, perekat; pasir menjadi gelas; gas nitrogen (di udara) menjadi pupuk urea; minyak cengkeh menjadi vanilin. Polycarbonate, plastik transparan yang sangat tahan terhadap sinar matahari merupakan produk derivat asam karbonat yang disubstitusikan pada asam adipat atau asam phthalat. Teflon), plastik yang sangat tahan terhadap reaksi kimia dan panas merupakan polimer tetrafluoroethylene. Tetrafluoroethylene dalam sehari-hari dikenal dengan nama freon. Di samping produk-produk yang bermanfaat, kimia juga menimbulkan berbagai masalah lingkungan, seperti munculnya pencemaran udara, air dan tanah. Dalam bidang pangan juga terjadi pemakaian bahan kimia yang sebenarnya dilarang, seperti pemakaian warna tekstil untuk makanan, pemakaian monosodium glutamat secara berlebihan, pemakaian formalin untuk mengawetkan ikan/makanan.
Berbagai aktivitas dan kesibukan orang tua, membuatnya tidak lagi bisa secara penuh mendampingi putra-putrinya belajar. Sementara para siswa menjadi kurang berkonsentrasi dalam belajar di sekolah sehingga mereka memerlukan pendampingan agar kesulitan-kesulitan mereka dalam belajar dapat diatasi.
Hape KaDe English and Chemistry Course” sebagai lembaga bimbingan belajar yang bergerak di bidang kursus Bahasa Inggris menawarkan program pendamping belajar bagi putra-putri anda terutama dalam rangka mempersiapkan ulangan, Ujian Tengah Semester, Ujian Semester, dan Ujian Nasional.
B. TUJUAN
1.      Membantu siswa dalam penguasaan Bahasa Inggris dan Mata Pelajaran Kimia yang baik dan benar.
2.      Membantu dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang di hadapi siswa di sekolah.
3.      Memberikan sistem pengajaran yang mudah dalam penyampaian materi sehingga mempermudah penguasaan materi.
C. MANFAAT
1.      Mempermudah penguasaan materi dengan sistem pengajaran yang lebih mudah, cooperative dan menyenangkan.
2.      Mempermudah siswa dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang dihadapi di sekolah.
D. RINCIAN USAHA
“HaPe KaDe English and Chemistry Course” menawarkan 2 paket kursus Bahasa Inggris dengan rincian sebagai berikut:
1.      Paket Intensif
1 Bulan Paket untuk mempersiapkan Ujian Tengah Semester, Ujian Semester atau Ujian Nasional. Paket ini terdiri dari 8 Xpertemuan (1 Minggu 2X pertemuan bebas memilih hari), 1 x pertemuan 2 jam.
2.      Paket Intensif 2 Bulan
Paket untuk mempersiapkan Ulangan, Ujian Tengah Semester, Ujian Semester, atau Ujian Nasional . Paket ini terdiri dari 16 x pertemuan (1 Minggu 2X pertemuan, bebas memilih hari), 1X petemuan 2 jam.
D. Visi dan Misi
1.      Visi
Menciptakan insan generasi penerus yang beraklaq, cerdas dan mampu bersaing.
2.      Misi
a.       Menciptakan pembelajaran yang insani dengan menunjung nilai-nilai agama dan pendidikan,
b.      Meningkatkan Sumber Daya yang cerdas berlandaskan nilai-nilai agama,
c.       Merubah pola fikir yang berjiwa saing menuju Indonesia Global.
E. Profil Badan Usaha
1.      Bentuk Usaha
Bentuk usaha yang akan dilaksanakan adalah; kursus Bahasa Inggris dan Kimia esuai dengan peminatan dan kebutuhan jenis kelas dan paket pembelajaran yang berbeda yang dari tingkatan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan umum, serta menyiadakan layanan tambahan.
2.      Lembaga Kursus
Lembaga kursus ini dengan nama HaPe KaDe English and Chemistry Course yang diambil dari nama familyhood.
3.      Alamat Lembaga Kursus
Tempat lembaga kursus ini berada disekitaran Kota Ambon dengan Alamat Dusun Kate-kate RW 003/RT 02 Desa Hunuth/Durian Pata Kota Ambon, Provinsi Maluku.
G. STRUKTUR ORGANISASI
“HaPe KaDe English and Chemistry Course” memiliki struktur organisasi dan tenaga educator yang berpengalaman, memiliki integritas dan profesionalitas sesuai dengan kompetensi.







Struktur Organisasi
Berdasarkan kerangka struktur Organisasi tersebut di atas, maka deskripsi pekerjaannya/job discription sebagai berikut:
1.      CEO (Chief Executive Officer)
a.       Memiliki tanggung jawab terhadap lembaga kursus
b.      Melakukan dan menetapkan keputas dan kebijakan pada lemabaga kursus
c.       Mengkoordinir, mengontrol dan mengevaluasi pengelolaan dan tenaga educators
2.      Sekretaris
a.       Mengordinasikan seluruh penyelenggaraan administrasi dan tata kerja organisasi dan mempertanggung jawabkan kepada pimpinan.
b.      Bersama pimpinan membuat surat keputusan dan rencana kerja organisasi.
c.       Mengawasi seluruh penyelenggaraan aktifitas organisasi di bidang administrasi tata kerja dan menghadiri rapat yang berhubungan kelembagaan.
3.      Bendahara
a.       Menerima, menyimpan, mengelola, membayarkan dan mempertanggung jawabkan anggaran yang berbungan dengan keperluan belanja organisasi,
b.      Mengadministrasikan dengan baik aliran kas lembaga.
c.       Membuat pertanggungjawaban berupa Laporan pertanggungjawaban (LPJ).
4.      Design/layout
a.       Merancang performance yang menarik agar cosmuter tertarik untuk bergabung,
b.      Mengembangkan prototype desain yang sesuai dengan tujuan lembaga dan kebutuhan costumer,
c.       Menghasilkan ide-ide dan konsep-konsep baru dan mengembangkan desain interaktif.
5.      Koordinatoriat
a.       Memberikan usul, masukan dan pertimbangan kepada pimpinan dalam pengambilan keputusan yang berkenaan dengan kebijakan lembaga;
b.      Melakukan koordinasi dan sinkronisasi lembaga dengan pihak-pihak terkait;
c.       Membantu pimpinan dalam melaksanakan pembinaan dan bimbingan terhadap tugas- tugas dalam lembaga.
6.      Educators
a.       Melakukan bimbingan kepada participants sesuai dengan keahlian yang dimiliki
b.      Bertanggung jawab penuh atas kemampuan participants
c.       Mengadakan evaluasi pembelajaran terhadap participants
d.      Menggunakan modul dan bahan ajar praktis dalam kegiatan belajar mengajar
e.        Mempunyai Sertifikasi profesi yang diakui secara nasional dan global
f.        Berpengalaman dalam proses pembelajaran
g.        Akademisi dari lembaga Perguruan Tinggi atau lembaga pendidikan
H. TUJUAN PROGRAM
Tujuan program dari lembaga yang telah kami buat ini, agar memenuhi kebutuhan dan keperluan costumers sehingga dapat bekerjasama untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1.      Participants mampu menguasai kosa kata yang banyak sejak dini dan memahami tata bahasa yang benar maka para siswa dapat dengan mudah menguasai keterampilan komunikasi bahasa Inggris dengan mudah.
2.      Participants megenal bahasa Inggris sejak dini maka siswa akan mengenal dan mengetahui bahasa tersebut lebih awal. Sehingga, mereka akan mempunyai pengetahuan dasar yang lebih baik sebelum melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi.
3.      Participants mampu menghitung dengan cepat sesuai dengan tuntutan perkembangan,
4.      Parcipants mampu memahami dan mengetahui rumus-rumus dengan cepat sesuai dengan kemampuan dan kompetensinya.
G. RINCIAN BIAYA
“HaPe KaDe English and Chemistry Course” menawarkan biaya bimbingan yang cukup terjangkau dan jauh lebih murah dibandingkan lembaga bimbingan belajar yang lain. Walaupun begitu kualitas kami berani bersaing dengan lembaga bimbingan belajar lain.
Adapun rincian biaya yang kami tawarkan adalah sebagai berikut:
No
Satuan Pendidikan
Paket Intensif 1 Bulan (8X TM)
Paket Intensif 2 Bulan (16X TM)
1.
SD/MI
Rp  100.000,00
Rp  150.000,00
2.
SMP/MTs
Rp  150.000,00
Rp  200.000,00
3.
SMA/MA
Rp  200.000,00
Rp  250.000,00
4.
UMUM
Rp. 300.000,00
Rp. 350.000,00
H. PENUTUP
Tujuan pendirian lembaga kursus yang kami rencanakan ini untuk menyiapkan para generasi muda yang handal untuk berkompetisi dalam bidang sains serta mampu berkomunikasi bahasa Inggris.
Program ini juga adalah sekaligus membantu pemerintah dalam mengurai undang-undang sistem pendidikan terutama dalam hal program pendidikan luar sekolah. Selain itu, segala harapan dan dukungan semua stakeholder agar bekerjasama dan tanggung jawab dapat membantu lembaga kami dalam mewujudkan pengembangan SDM dan niatan tulus ini dalam mencerdaskan anak bangsa.
Kami ucapakan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekrjasama dan telah bersedia untuk membantu kami dalam melaksanakan dan mendidirikan lembaga ini. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan dan usaha kita semua, Amin Ya Rabbal Alamin.





Daftar Pustaka
Andreu,M. 2013. “Employer strategies, capabilities and career development: two case studies of Spanish service firms”, International Journal of Manpower, Vol. 34 Issue: 4, pp.345-361
Davis, P. 2015. “Implementing an employee career-development strategy: How to build commitment and retain employees”, Human Resource Management International Digest , Vol. 23 Issue: 4
Guan, et al. 2017. “Self-Referent and Other-Referent Career Successes, Career Satisfaction, and Turnover Intention Among Chinese Employees”, Journal of Career Development Vol. 44(5) 379-393
Handoko, Hani. 2010. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE UGM
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 26 ayat 5 tentang Pendidikan dan Pelatihan.
Peraturan Pemerintah No. 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan  lembaga kursus dan pelatihan seperti yang tertuang dalam pasal 103 ayat (2).



No comments:

Post a Comment

PHILOSOPHY OF QUANTITATIVE RESEARCH

PHILOSOPHY OF QUANTITATIVE RESEARCH By, Hanafi Pelu (181061001001)